Matakuliah ini akan menyajikan dan mendiskusikan beberapa pokok bahasan Berbagai permasalahan yang berkenaan dengan  pembelajaran harus dipahami mahasiswa dengan benar. Pemahaman yang dimaksud berkenaan dengan problematika dalam Pembelajaran Sejarah pada aspek konseptual maupun pada aspek praktis/realitas. Aspek konseptual tersebujt adalah permasalahan yang berkaitan dengan perkembangan kurikulum mata pelajaran sejarah tingkat dasar dan menengah. Sedangkan aspek praktis itu menyangkut problematika dalam implementasi mata pelajaran sejarah di lapangan, seperti latarbelakang dan kualifikasi Guru Sejarah, serta praktek pembelajaran sejarah itu sendiri di persekolahan 

 

Membahas silabus perkuliahan dan menjelaskan sifat perkuliahan yang banyak menuntut mahasiswa untuk melatih diri dalam memahami problematika dalam Pembelajaran sejarah baik dari aspek konseptual/teoretik, maupun aspek praktis/realitas; Mendeskripsikan aspek problematika konseptual pembelajaran sejarah dari hal-hal eksplisit dalam KTSP, seperti pergeseran ilmu sejarah dari sebagai ilmu menjadi upaya pembentukan warganegara yang baik  (mental character building) yang berimplikasi pada berkurangnya tingkat keilmiahan mp sejarah (kering); Mendiskusikan orientasi mp sejarah yang makin meninggalkan pembelajaran mengenai kepahlawanan dan semangat cinta tanah air. Hal tersebut berkaitan dengan tidak pernah terungkap mengenai pembelajaran Biografi dan Autobiografi yang mampu meningkatkan pembentukan cinta tanah air; Mendiskusikan masalah jam pelajaran yang sangat minim.  Seperti alokasi sejarah untuk IPA yang hanya 1 jam saja per minggu; Mendiskusikan anakronisme dalam kurikulum m.p. pelajaran  sejarah yang menyimpang dari Standard Based m.p. sejarah.