Mata kuliah ini membahas konsep dasar bimbingan dan konseling yang meliputi pengertian, persamaan dan perbedaan, tujuan dan fungsi BK. Membahas konsep dasar bimbingan dan konseling anak usia dini yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi dan asas-asas BK AUD. Membahas dasar-dasar BK di TK yang meliputi prinsip- prinsip BK TK, ruang lingkup BK TK, pendekatan BK dan teknik BK. Membahas pelaksanaan BK di TK yang meliputi perencanaan/program, pengelolaan, pelayanan, teknik pengumpulan data, penilaian BK di TK. Membahas penanganan kasus anak TK yang meliputi karakteristik anak usia dini, perkembangan anak TK, permasalahan anak usia TK, langkah-langkah penanganan kasus anak TK. Membahas pengembangan layanan BK yang meliputi pengembangan system dan program, pembinaan dan pengembangan personil, pengembangan sarana TK. Terakhir membahas pengembangan profesi guru TK yang meliputi pengembangan kompetensi guru TK, kepribadian guru TK, peran guru TK dalam layanan BK bagi anak-anak usia dini.