Mata kuliah ini membahas konsep dasar bimbingan dan konseling yang meliputi pengertian,  persamaan  dan  perbedaan,  tujuan  dan  fungsi  BK.  Membahas  konsep dasar bimbingan dan konseling anak usia dini yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi dan  asas-asas  BK  AUD.  Membahas  dasar-dasar  BK  di TK  yang  meliputi  prinsip- prinsip BK TK, ruang lingkup BK TK, pendekatan BK dan teknik BK. Membahas pelaksanaan BK di TK yang meliputi perencanaan/program,  pengelolaan, pelayanan, teknik pengumpulan data, penilaian BK di TK. Membahas penanganan kasus anak TK yang  meliputi  karakteristik  anak  usia  dini,  perkembangan  anak  TK,  permasalahan anak  usia  TK,  langkah-langkah  penanganan  kasus  anak  TK.  Membahas pengembangan layanan BK yang meliputi pengembangan system dan program, pembinaan dan pengembangan personil, pengembangan sarana TK. Terakhir membahas pengembangan profesi guru TK yang meliputi pengembangan kompetensi guru TK, kepribadian guru TK, peran guru TK dalam layanan BK bagi anak-anak usia dini.